1.Evolusi
Arsitektur Komputer :
Perspektif
Historis
Komputer adalah barang yang umum
dan sering kita temui saat ini. Bahkan sekarang sudah hampir setiap orang,
khusunya pelajar, mahasiswa dan praktisi pendidikan sudah memiliki komputer
sendiri. Komputer yang pada awalnya dibuat sebagai alat bantu hitung kini
berkembang dengan sangat pesat. Game, software dan aplikasi – aplikasi digital
kini dapat dilakukan dengan alat yang disebut komputer ini.
Klasifikasi
Arsitektur Komputer
Pada
komputer terdapat berbagai klasifikasinya dalam hal appaun. Setiap komputer tentunya
memilik klasifikasi masing-masing. Disini membahas mengenai klasifikasi
arsitekturnya menurut Von Neumann dan Non Von Neumann.
Kriteria
mesin Von Neumann :
1.
Mempunyai subsistem hardware dasar yaitu sebuah CPU, sebuah memori dan sebuah
I/Osistem
2.
Merupakan stored-program computer
3.
Menjalankan instruksi secara berurutan
4.
Mempunyai jalur (path) bus antara memori dan CPU
Kualitas
Arsitektur Komputer
1.Generalitas,
Generalitas adalah ukuran besarnya jangkauan aplikasi yang bisa cocok dengan arsitektur.
dan computer yang terutama digunakan untuk aplikasi bisnis menggunakan
aritmetik decimal. Sistem umum memberikan dua jenis aritmetik.Salah satu
pembahasan utama oleh kalangan peneliti komputer selama tabun 1980-an adalah
persoalan bagusnya generalitas.
2.DayaTerap(Applicability),
Daya terap (applicability) adalah pemanfaatan arsitektur untuk penggunaan yang
telah direncanakannya. Buku ini membahas komputer yang terutama dirancang untuk
satu dari dua area aplikasi utama : (1) aplikaSi ihniah dan teknis dan (2)
aplikasi komersil biasa. Aplikasi ilmiah dan teknis adalah aplikasi yang
biasanya untuk memecahkan persamaan kompleks dan untuk penggunaan aritmetik
floating point ekstensif.
3.Efesiensi,
Efisiensi adalah ukuran rata-ratajumlah hardware dalam komputer yang selalu
sibuk selama penggunaannya biasa. Arsitektur yang efisien memungkinkan (namun
tidak memastikan) terjadinya implementasi yang efisien. Salah satu sifat
arsitektur yang efisien adalah bahwa ia secara relative cenderung sederhana. Karena
untuk merancang sistem yang kompleks secara benar begitu sulit, maka kebanyakan
komputer mempunyai sebuah komputer inti (core computer) efisien yang
sederhana,yaitu CU.
4.KemudahanPenggunaan,
Kemudahan penggunaan arsitektur adalah ukuran kesederhanan bagi programmer
sistem untuk mengembangkan atau membuat software untuk arsitektur tersebut,
misalnya sistem pengoperasiannya atau compilemya. Oleh karena itu, kemudahan
penggunaan ini merupakan fungsi ISA dan berkaitan erat dengan generalitas.
5.DayaTempa(Maleability),
Dua ukuran yang terakhir daya tempa dan daya kembang umumnya berlaku untuk
implementasi computer dalam satu rumpun. Daya terap arsitektur adalah ukuran
kemudahan bagi perancang untuk mengimplementasikan komputer (yang mempunyai arsitektur
itu) dalam jangkauan yang luas. Pada Apple Macintosh atau IBM PC AT,
spesifIkasi arsitektumya jauh lebih lengkap, sehingga semua implementasi hampir
sama.
6.DayaKembang(Expandibility),
Daya kembang (expandability) adalah ukuran kemudahan bagi perancang untuk
meningkatkan kemampuan arsitektur,misalnya kemampuan ukuran memori maksimumnya
atau kemampuan aritmetiknya. Dalam hal ini, daya kembang juga berkaitan dengan
jumlah CPU yang dapat digunakan oleh system secara efektif.
Sebagaimana arsitektur bangunan,
kualitas atau mutu arsitektur komputer tidak mudah diukur. Banyak arsitek
komputer menggunakan atribut yang dijelaskan pada bagian berikut ini untuk
mengevaluasi mutu arsitektur. Seperti halnya atribut yang menjadikan arsitektur
bangunan bermum, sebagian besar atribut berikut sulit dihitung. Pada
hakekatnya, suatu arsitektur yang baik untuk satu aplikasi mungkin saja jelek
untuk aplikasi yang lain, dan sebaliknya. Pada bagian ini, kita akan membahas
enam atribut mutu arsitektur: generalitas (keumuman), daya terap, efisiensi,
kemudahan penggunaan, daya tempa, dan daya kembang (ekpandabilitas).
Keberhasilan
Arsitektur Komputer
Adabeberpa
faktor yang mempengaruhi keberhasilan arsitekturkomputer, tiga diantaranya
adalah :
1.
Manfaat Arsitektural
2.
Kinerja Sistem
3.
Biaya Sistem
2. Struktur
Dasar Komputer dan Organisasi Komputer
Suatu
sistem komputer terdiri darilima unit struktur dasar, yaitu:
Unit
masukan (Input Unit) yaitu dimana terdapat perintah atau instruksi yang
dilakukan kepada komputer oleh pengguna
Unit
kontrol (Control Unit) merupakan suatu unit yang berfungsi untuk mengontrol
atau mengendalikan semua yang terdapat dalam komputer
Unit
logika dan aritmatika (Arithmetic & Logical Unit / ALU) adalah suatu unit
dimana berisi fungsi-fungsi logika dan matematika atau perhitungan
Unit
memori/penyimpanan (Memory / Storage Unit) yaitu unit penyimpanan dana yang
dilakukan komputer
Unit
keluaran (Output Unit) merupakan suatu hasil yang diharapkan dari suatu inputan
yang telah dimasukkan
Organisasi
Komputer
Organisasi Komputer adalah bagian
yang terkait erat dengan unit–unit operasional dan interkoneksi antar komponen
penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Contoh
aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka,teknologi
memori, sistem memori, dan sinyal–sinyal kontrol. Arsitektur Komputer lebih
cenderung pada kajian atribut–atribut sistem komputer yang terkait dengan
seorang programmer. Contohnya, set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik
pengalamatan, mekanisme I/O.Sebagai contoh apakah suatu komputer perlu memiliki
instruksi pengalamatan pada memori merupakan masalah rancangan arsitektural.
Apakah instruksi pengalamatan tersebut akan diimplementasikan secara langsung
ataukah melalui mekanisme cache adalah kajian organisasional.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar