Labelnya
masih Honda RC213V, seperti tahun lalu. Tapi tunggangan Marc Marquez dan Dani
Pedrosa sesungguhnya benar-benar baru. Pengertian baru di sini, RC213V
menggunakan mesin, sasis dan semua pendukungnya baru. Pemicunya, regulasi
pembatasan bahan bakar yang hanya 20 liter dari 21 liter di tahun lalu.
"Mesin RC213V di musim balap 2014 ini sudah aplikatif dengan regulasi
pembatasan bahan bakar. Rider butuh solusi terhadap pemakaian bahan bakar
maksimal 20 liter dan kita langsung mencarikan solusinya," jelas Takeo
Yokoyama, project leader pengembangan mesin RC213V versi 2014.
Insinyur
Honda Racing Corporation (HRC) juga membangun RC213V untuk musim ini sesuai
konsep yang menggabungkan stabilitas, kelincahan, ketahanan dan kemampuan
menikung maksimal.
Secara
detail, RC213V masih mengadopsi mesin model V 900 dengan 4 silinder. Hasil
riset terbaru menghasilkan mesin baru yang lebih minim gesekan dan ringan.
Sasis
yang juga baru, merupakan hasil modifikasi yang membuatnya lebih kaku namun
seimbang. Rumusan modifikasi tersebut, membuat stabilitas RC213V jadi lebih
tinggi dan menjadikan rider percaya diri melahap tikungan.
Sasis
twin spar aluminium lebih ringan namun tetap seimbang untuk mentransfer tenaga
lebih dari 230 dk ke ban belakang. Dengan cukup hati-hati, rancangan dibuat
bisa menambah daya cengkram ban belakang.
"Setelah
melakukan pengetesan, memang ada hasil negatif dan positif terhadap racikan
sasis anyar RC213V. Kami melakukan modifikasi agar dapat lebih stabil saat
melakukan pengereman. Awalnya enggak mudah dilakukan. Belum sesuai harapan,
namun sedikit modifikasi itu sudah cukup dari sebelumnya," kata Marquez.
Di
bagian suspensi, baik Marques maupun Pedrosa masing-masing memiliki teknisi
sendiri. Beda orang, namun suspensi depan belakang tetap sama, Ohlins. Bagian
penting lain RC213V adalah fairing. Bahan karbon fiber yang lebih ringan dan
lebih aerodinamis. Desain moncong baru untuk meningkatkan akselerasi dan top
speed. Lalu karbon untuk cakram depan dari Brembo bisa meredam panas sampai 400
derajat Celcius. Tapi saat wet race, diganti cakram bikinan Yutaka, depan dan
belakang. Apa yang diperbuat insinyur HRC berbuah positif bagi Marquez dengan
catatan waktu di bawah 2 menit saat test pertama di Sepang, Malaysia. • oct
Tidak ada komentar:
Posting Komentar